Skip to main content

[TALK] LAKUKAN HOBI SAMBIL TETAP SELAMATKAN BUMI

@pandemictalks



Hai, aku Fafa hobiku jajan, yess jajan instrumen keuangan, jajan skincare, termasuk jajan makanan 😜 , mau tahu apa yang aku lakukan untuk selamatkan bumi? seremkan kalau sampai tahun 2030 kejadian kayak gitu ( ketok2 meja kayu, amit2), sebelum mulai ada pertanyaan nihh, 

• Siapa yang hobinya makan kayak jajan, kuliner, mukbang dan sejenisnya lha?
• Siapa yang kalau makan tapi tetep kurus?🤭

Akuuu...akuuuu 🙋‍♀( puji Tuhan semua karena AnugrahNya)

"enak banget ya makan banyak tapi tetep kurus" begitulah pendapat orang pada umumnya kepada para penggemar makan mukbang yang berbadan kurus." 

Disatu sisi aku bersyukur bisa bebas makan apa aja tanpa khawatir berat badan meningkat (tapi gak bisa sembarangan makan juga yaa, harus berhikmat karena tubuh kita adalah bait Allah, dijaga dengan baik. Sejujurnya  aku berharap berat badanku bertambah dengan tujuan mencapai berat badan idealku yaitu 50 kg (cara hitung bisa klik disini), sayangnya berat tubuhku hanya 44kg dan agak unik, gampang turun tapi susah naik😭, kalau kamu sama kayak aku atau sebaliknya gampang naik tapi susah turun? (semua harus disyukuri)

Ya sudahlah, jangan terlalu dipikirkan semua hal yang kita miliki ataupun belum tetap harus di syukuri. mau gemuk atau kurus yang penting kita sehat dan tetap sadari dengan apa yang akan kita konsumsi ya.

Apakah makanan ini diperlukan tubuhku? Gimana gizinya dan komposisinya, apakah sudah lengkap karbohidratnya, proteinnya, mineral, vitamin dll. Kita juga harus peka sama alarm tubuh yang kasih info ke otak. Oh ya, pernah gak kamu menyadari kalau tubuhmu sedang memberi "kode/signal"?  kamu ikutin atau kamu cuekin? kalau kamu gak sadar/ pura-pura gak sadar bisa jadi kamu kurang care nih sama dirimu #peace✌. yuk.yukk kita belajar lebih peka sama signal tersebut, HOW?? cukup kenali tanda-tandanya, hentikan dan mulai biasakan hidup sehat.

Aku boleh cerita dikit ya pengalamanku soal ini. Dulu beberapa tahun sebelum pandemi,  aku suka minum Thai Tea dan waktu itu sedang booming jadi aku sering minum seminggu 2 kali deh atau setiap keluar rumah. Setelah beberapa lama aku baru sadar kalau kandungan gula dalam minuman sejenis ini adalah banyak atau sangat banyak karena menggunakan susu cair dan gula, kebayang ya manisnya. Bersyukurnya aku peduli alarm/signal yang diberitahukan tubuhku sendiri bahwa "Fa, stop! kamu sudah kelebihan gula harian, yuk kurangi minuman manisnya" katanya demikian hihi🤭.

Seketika itu juga aku berhenti beli minuman tersebut dan segera tes gula darah dirumah. Nilai/angka yang tercantum saat itu menandakan kadar gulaku hampir mencapai ambang batas bawah golongan diabetes, sedikit lagi, ah tidaakk. Kagetlah aku tapi senangnya aku mengambil keputusan tepat untuk segera  membatasi asupan minuman itu dikemudian hari bahkan sampai sekarang udah gak pernah beli lagi. Aku cek ulang kembali tiga hari setelahnya dan bersyukur lagi angka gula darahku sudah kembali normal,🙏 yeayyy! 

Kapok gak? ya lumayan cuma aku tetap gak menghindari minuman manis karena aku butuh, tapi aku mengurangi kadar gulanya/membatasi asupannya, seperlunya aja, secukupnya seperti kutipan doa berikut:

Matius 6 ayat 11 "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya"

Kalau liat kasusku, kamu masih mau bilang "enak ya bebas makan apa aja tapi gak gendut-gendut?" ya enak sih tak kupungkiri,haha hmm...tapi Aku tanya balik deh, kamu mau ngalamin nasib kayak aku yang bikin shock saat tes hahhaha. Jadi masih lanjut gak nih hobi makan atau kulinernya? siapa takut 😆 tapi sambil kita bantu bumi juga yuk!!

Hobi kamu apa? apapun itu sematkan aksi dan kontribusi sederhana untuk mitigasi perubahan iklim yuk. Belum terlambat kok melindungi bumi dan mengupayakan kesejahteraannya, Yukkk #MudaMudiBumi are you ready? YES! #TimeforActionIndonesia.

Kontribusi sederhana apa aja yang bisa kita lakukan, bareng-bareng aku yuk wujudkan ini bersama: 

1a. [Dine in] Gunakan piring dan sendok garpu yang bisa dipakai berulang, bukan yang sekali pakai. 
Contoh kalau lagi diluar rumah bawalah peralatan makan sendiri, apalagi sedang pandemi gini penting bangetkan dan boleh juga dijadikan lifestyle untuk kedepannya. Atau kalau sudah disediakan pihak resto ya uda gpp pake aja secukupnya, contoh tisue secukupnya.

1b. [Take Away/ Delivery] gak perlu minta tambahan alat makan, pakai saja yang kamu punya dirumah. Jika dapat kemasan plastik, pastikan kamu gunakan kembali untuk keduakalinya - tips peralatan makan atau kantung belanjaan bisa dicuci bersih/ semprot alkohol / balikan bagian dalam menjadi bagian luar lalu jadikan tempat sampah. 

2. [Home/ Travel/ Staycation] contoh nih kalau kamu lagi travelling nih ya, biasanya kan pasti nginep dan ada breakfast atau dinner di hotel, walau bebas makan sepuasnya tapi tetap upayakan ambil secukupnya saja yang bisa kamu habiskan, sebagai tanda kamu sayang bumi dan juga tubuhmu. Mengapa? karena kalau kurang kamu bisa nambah, lebih mudahkan daripada ambil berlebihan  tapi ujungnya kekenyangan dan gak dihabiskan, sayangkan?! 😥


Image by Free-Photos from Pixabay


3. [Home] Kalau kamu hobi masak, yuk masak secukupnya saja, hmm.. lebih dikit bolehlah mungkin ada anggota keluargamu yang porsi makannya lebih banyak dari kamu, hehe. Intinya sesuaikan dengan jumlah orang dirumah dan perhatikan juga kebiasaan makan mereka. Jangan malas mikir trus bikin aja semua bahan yang ada dengan alasan "sekalian biar gak ribet masak terus" atau "sekalian biar irit gas"😏 eh tapi ternyata masakannya gak habis dimakan karena masaknya kebanyakan, disimpan berhari2 dikulkas lalu berakhir dibuang. Kan sedih! saya aja auto kesel liat kayak gitu dirumah, padahalkan makanan fresh itu lebih sehat loh. Betul atau betul? 😋, yuk ingatkan juga ibu/ayah/kakak kalau mereka mau memasak ya.


Image by MJ Jin from Pixabay 

4. [Home/ Office] Pisahkan sampah sesuai kategori, ini akan lebih memudahkan tukang sampah mengolahnya, kalau aku dirumah bedain sampah dapur sama sampah kering. Trus sampah kering aku bedain lagi yang untuk dibuang sama yang bisa didaur ulang kayak botol plastik /kemasan kardus itu aku pisahin lagi, kayak gambar dibawah ini:


5. [Home/Office/Holiday] Gunakan botol minum 500- 1 liter sendiri yang bisa kamu bawa saat berpergian. Gunanya menghindari kamu membeli minuman kemasan sama ngingetin diri buat gak lupa asupan cairan.  Mikirnya kan berat ya kalau dibawa terus, jadi auto minum biar ringan hahaha, ada yang gitu juga? selama ini dirumah aku pake cara ini biar gak sering cuci gelas. Tapi jujur nih saat berpergian aku masih sering malas bawa botol minum😁, tapi karena kita mau lindungi bumi baiklahh, bangun kebiasaan dari sekarang.

Itu dia 5 tips dari aku dan sebentar lagi kita mau menyambut hari sumpah pemuda di tanggal 28 Oktober 2021, aku buat Sumpah Pemuda versiku seperti ini #UntukmuBumiku mulai kini aku akan  menggunakan botol minum untuk menjaga asupan cairanku sekaligus  melindungimu dari sampah plastik saat berpergian/keluar rumah.


Kalau kamu? Apa sumpah pemuda versimu? bikin yuk. Semoga terinspirasi ya, boleh tulis dikolom komen kalau kamu punya upaya lain dalam melindungi bumi, sambil melakukan hobi yang kita suka atau yang kita tekuni selama ini seperti travelling, diving, nulis, basket, berenang, golf, dan lainnya. Buat aja hal yang sederhana dan enjoy saat ngelakuinnya.

Buat kamu yang selama ini sudah melakukan mitigasi, selamaaattt! 🎉🎊 dan aku ikut berterima kasih kepadamu karena sudah melindungi bumi dan juga dirimu sendiri, tetap lanjutkan ya. semangaaattttttt. Kalau yang belum gimana? gak ada kata terlambat kok, yukkk bisa yukk, daripada nanti bernasib seperti informasi dibawah ini? 






Gambar aku ambil dari postingan instagram @pandemictalks dan sudah ijin juga.

 Terima kasih sudah mampir di blogku dan membaca sharingku hingga habis, kalau sudah boleh dong tinggalin jejak kamu di kolom komentar ( sekalian perkenalan diri dan cantumin blog kamu biar aku bisa blog walking juga ke tempatmu) atau boleh juga share topik ini supaya lebih banyak orang yang sadar untuk ikut mitigasi, terus tag aku ya di IG/Twitter/Facebook. Thank you so much

💛💜💚💙💗


Daftar link:

https://pixabay.com/photos/breakfast-food-eating-meal-morning-690128/

https://pixabay.com/illustrations/mom-cooking-kitchen-housewife-1290656/

https://www.halodoc.com/artikel/cara-hitung-berat-badan-ideal

https://www.instagram.com/p/CVABwqghDzS/?utm_source=ig_web_copy_link 

https://www.instagram.com/p/CU86vBtpuLd/?utm_source=ig_web_copy_link


Follow/Tag:

https://twitter.com/staywithfafa

https://www.instagram.com/staywithfafa/

https://www.facebook.com/faridadewilam

Instagram: @bloggerperempuan
Facebook: @bloggerperempuan





Comments

  1. 👍🏻👍🏻 Bawa alat makan sendiri tuh masih blm gw. Misahin sampah jg. Sampah di sini di satuin semua 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Mulai dari yang paling mudah dl sampai jadi kebiasaan baru 😁 ❤

      Delete

Post a Comment

Thank you so much for your participating at this time to leave a comment with respect #NoSARA #NoPOLITIC. Even though I may not reply, I do read and appreciate each one. If you have a question, feel free to message me privately and I'll definitely get back to you! Happy Frienship.

Popular posts from this blog

[TALK] MINDSET AYAM? WAIIITT MAKSUDNYA APA NIH?

"Nih judul ngeledek ya? haha, maksudnya gimana nih? tulisan hari ini  tentang MENTAL kita dalam berbisnis.  Ketika kita memutuskan untuk serius menjalankan bisnis, berarti kita harus berani untuk mengerjakannya sesuai target, untuk para penggelut bisnis online maupun offline  kita perlu menentukan target market yang tepat siapa yang mau kamu tuju. Rajin posting dengan konten yang bagus dan menarik yang pastinya harus konsisten kalau secara online.   tapi ... kebanyakan orang termasuk saya hehe, tanpa sadar/pun dengan sadar senang mengerjakan sesuatu secara "asal", asal suka asal senang ya gak?  buktinya ketika dibuat sedikit lebih serius dengan target market yang tepat, target waktu yang konsiten, eh malah langsung mundur, takut, gak pede dan lainnya atau cuma baru sehari dua hari semangat eh besokannya males, kalian pernah gitu gak?  Kalau gak ya bagusss,  tp kl iya,  hmm..  itu apa namanya kalau bukan CHICKEN MINDSET. (kata chicken mindset terinspirasi dari Ko Denny

[#008] BELIEVING IN GOD, MY POWER

saat teduh pagi: 6/6/2023 percayalah! Tuhankan mengangkatku. meski harus lewati lembah kekelaman, Tuhan besertaku. walau tak mengerti semua yang terjadi, tanganMu pasti menopang hidupku,  aku percaya Tuhan benteng hidupku. ku tak pernah ditinggalkan sendiri, Tuhan bersamaku, janjiNya ya dan amin, kasih setiaNya tak pernah hilang, selalu ada. ajarku mengerti semua jalanMu yang Kau sediakan bagiku. Bawaku dalam rancanganMu yang indah. ku buka hati menerima janjiMu. lebih berharga dari semua, Tuhan segalanya bagiku.