Skip to main content

[TALK] YEAY SIM RESMI, I DID IT!

Ini adalah sebuah kebanggaan yang berbeda, melaluinya dengan perjuangan dan perasaan yang campur aduk saat memulai proses pembuatan sim A, kendaraan bermotor ke Polres polisi di Bogor yang walaupun sebenarnya di temani oleh kakak saya tapi perasaan pertama kali itu yang tak bisa digantikan, tetep aja mengaduk perasaan.

proses berjalan dan perasaan senang yang melegakan dan luar biasa SIM A saya sudah berhasil dicetak dan berada di tangan ( yeaaahh.... my driver license).
Saya senang, bangga dan juga bersyukur karena SIM ini diproses melalui jalur resmi, dan saya tidak menggunakan "calo" , bener bener diri saya datang sendiri langsung bersama kakak saya untuk mengikuti Tes Praktek dan Tes Teori. Ujian teori lulus tanpa hambatan, dilanjutkan ujian praktek menggunakan mobil yang sudah disediakan polisi di lapangan, dan gagal, lalu saya diberi kesempatan kedua untuk datang lagi minggu depan dan kembali gagal, kesempatan terakhir minggu depan datang kembali  dan akhirnya berhasil dinyatakan lulus,ohhh senangnya heheh, lalu  dalam hati berkata "kalau yang ketiga ini gak lulus juga kebangetan deh, heheh"

Berawal tgl 17 September 2013 pukul 08.00 dengan diantar kakak saya pakai motor datanglah kami ke Polres, mengajukan diri untuk pembuatan SIM. yang  saya lakukan saat itu adalah fotocopy KTP 1 lembar dan isi formulir pengajuan+beli map  lalu ikut serta tes kesehatan dan tes mata di ruang sebelahnya. Lulus tes kesehatan , saya diminta menunggu untuk masuk ke ruang tes tertulis. Tapi pada saat itu, petugas tidak menyuruh saya untuk tes teori melainkan memberikan map+formulir ke saya dan mengarahkan saya untuk segera tes praktek ke lapangan. (dalam hati berkata.. oh tes tertulisnya nanti ya hehehe)

jreng...jreng. tibalah gue di lapangan (mobil grandmax manual terpampang depan mata)  jujur gue deg-degan abis.. alias grogi dan panik. diberi arahan oleh polisinya mengenai apa yang di tes yaitu maju-mundur, tanjakan, parkir. Jalur yang sebenarnya simple tapi karena gue grogi duluann jadi terlihat sulit. hahahhahah. yang di nilai adalah tidak boleh mundur saat ditanjakan (dari posisi berhenti ditengah tanjakan, netral kemudian maju), tidak boleh nabrak marka dan tidak boleh mati mesin.
hari pertama saya Gagal. :( karena saya melanggar semuanya.  mundur dan nabrak marka 2x, dan mati mesin *tepok jidattt* maluu...hahaha
dibalik itu ada satu hal lagi yang mendukung kegagalan saya saat itu adalah kondisi mobil dan kondisi lapangan:
1. Rem tangan sangat keras (jadi saya nggak menggunakan bantuan rem tangan saat ditanjakan) - :( belum lancar
2. AC rusak
3. tiang-tiang pembatasnya tidak beraturan bentuknya alias gepeng-gepeng dan berkarat serta tidak tersusun sejajar.

setelah  selesai tes lapangan, saya diminta untuk kembali lagi minggu depan untuk tes ulang. Saya dikasih kesempatan 1 minggu untuk belajar kembali. baiklahh... pulanglah kami, saya berniat untuk belajar lagi khususnya belajar mundur/parkir dan belajar ditanjakan.

Puji Tuhan banyak orang sekeliling yang mendukung saya khususnya dari pihak keluarga dan pasangan saya (Albert). Support dari keluarga yang memberi saya semangat walau gagal tes, dari pihak pasangan yang ngajarin saya berkendara tentunya menggunakan mobil dia, hehehhe ^^ BIG HUG. bukan mobil mewah kok, hanya mobil Kijang tua tapi kondisi mesinnya masih sangat bagus.

*seminggu berlalu*

semalam sebelum tes besok, saya belajar hingga lancar bersama pasangan. akhirnya dapat juga triknya bagaimana tidak mundur saat ditanjakan. dan saat latihan dimalam hari ini pula, saya baru benar-benar lancar untuk parkir mundur ( karena sebelum2nya tiap bawa mobil saya selalu takut kalau disuruh mundur atau parkir, jadi pasti selalu  kasih pasangan saya yang bawa) ah payah ya..

24 september 2013
Tes praktek hari kedua
kali ini saya lebih percaya diri dan cukup tenang (tidak terlalu panik seperti hari pertama), saat itu polisi yang bertugas berbeda jadi saya diberi arahan ulang sesuai dengan rute yang dia inginkan. Hampir sama sih sebenarnya yaitu maju-mundur dan tanjakan. 2x (pertama lurus/ sebelah kiri, kedua sebelah kanan)

lapangan+mobilnya ternyata sudah lebih baik dari minggu lalu kondisinya.
1. rem tangan sudah tidak seberat kemarin jadi saya bisa menggunakan dengan lancar ( ternyata polisinya juga mengiyakan kalau minggu lalu itu pencetan remnya sudah dolll.. alias keras tapi sekarang sudah gak karena sudah diservice)
2. kondisi ac mobil sudah diperbaiki
3. tiang-tiang pembatasnya sudah diganti baru dan di cat.

so kondisi lapangan plus kesiapan diri  sudah sangat mendukung, ^^ oke lets go.

tes kedua ini bisa dibilang lancar, dan tidak ada masalah. Namun polisi kembali tidak meluluskan saya dengan alasannya yang menurut kami "seperti di buat-buat" dan seharusnya tidak menjadi persoalan besar.. Sebenarnya saat tes tersebut saya tidak menabrak, tidak turun sama sekali saat di tanjakan dan tidak mati mesin, mulus lho  hehe
tapi ya mungkin lain penilaian kali ya dari polisinya ( harus ngikutin sama persis maunya dia seperti apa) so petugas polisi tersebut kembali mengatakan "kalau mau coba lagi, bisa kembali lagi minggu depan"

hmm haduhh.. haduuhh.. dalam hati  "bagaimana ini, masa harus tes lagi minggu depan,waduhh."  hari kedua pulang dengan cukup kecewa. ya iyalah, secara harus balik lagi tes lapangan ulang.

tapi berpikir positifnya adalah dapat kesempatan tambahan untuk lebih memperlancar kemampuan menyetir.

1 Oktober 2013.
ini adalah kali ketiga kami datang ke polres. dengan harapan bisa segera selesai tes praktek dan tes teori lalu jadilah SIM. ^^

dan hari ini.. 1 oktober 2013, harapan itu tercapai. Horeee, puji Tuhan.

1. Tes praktek seperti biasa dan mulus, akhirnya baru dinyatakan lulus ( Puji Tuhan, haleluyaaa... akhirnyaaaaaaaaaa) lanjut keproses berikutnya.
2. Tes teori (30 soal, pilihan ganda a/b/c) dan lulus. horeeeeeeeeeeee....siap-siap untuk proses pembuatan kartu SIM A.

seneng, happy, kaget, kagum akhirnya bisa lulus dengan jalur resmi dikepolisian. ada perasaan yang tidak bisa saya lukiskan. thanks GOD.

perjuangan saya sampai 3x datang ke Polres tidak sia-sia, saya percaya Tuhan turut campur tangan dalam pembuatan SIM A ini, :) dan saya percaya bahwa didalam Tuhan tidak ada yang mustahil. hehehhe

ini dia hasilnya:


berakhir Juli 2018 ( 5 years)
hasil fotonya jelekk.. jadi gak gue pajang yaa. ahhaha *kekurusan guenya* :P

berhasil- berhasil. horeeeeee..

oh ya jumlah uang yang  dikeluarkan untuk proses pembuatan sim ini adalah:
1. SIM A baru Rp. 120.000,-
2. Tes kesehatan Rp. 20.000,-
3. Sumbangan PMI Rp. 1.000,- ( saat pengambilan SIM A)
4. Map Rp. 1000,-
5. fotocopy Rp. 500,-

Total : Rp. 142.500,-
Puji Tuhan. murah ya. heheh

Berikut ringkasan yang saya alami selama proses pembuatan sim baru :
1. Berlatih hingga mampu mengendarai kendaraan (khususnya hal-hal standard seperti kopling, gas, rem tangan dan kaki, keseimbangan, tanjakan, mundur, maju dan parkir)
2. Sabar dan tidak menyerah
3. Berpikir positif bahwa segala sesuatunya untuk kebaikan
4. Mempunyai sikap dan pikiran yang rileks atau tidak panik
5. Berdoa

Thanks God.
ini benar-benar suatu kebanggaan yang berbeda. #BerkatfromGod

Comments

Popular posts from this blog

[TALK] MINDSET AYAM? WAIIITT MAKSUDNYA APA NIH?

"Nih judul ngeledek ya? haha, maksudnya gimana nih? tulisan hari ini  tentang MENTAL kita dalam berbisnis.  Ketika kita memutuskan untuk serius menjalankan bisnis, berarti kita harus berani untuk mengerjakannya sesuai target, untuk para penggelut bisnis online maupun offline  kita perlu menentukan target market yang tepat siapa yang mau kamu tuju. Rajin posting dengan konten yang bagus dan menarik yang pastinya harus konsisten kalau secara online.   tapi ... kebanyakan orang termasuk saya hehe, tanpa sadar/pun dengan sadar senang mengerjakan sesuatu secara "asal", asal suka asal senang ya gak?  buktinya ketika dibuat sedikit lebih serius dengan target market yang tepat, target waktu yang konsiten, eh malah langsung mundur, takut, gak pede dan lainnya atau cuma baru sehari dua hari semangat eh besokannya males, kalian pernah gitu gak?  Kalau gak ya bagusss,  tp kl iya,  hmm..  itu apa namanya kalau bukan CHICKEN MINDSET. (kata chicken mindset terinspirasi dari Ko Denny

[TALK] LAKUKAN HOBI SAMBIL TETAP SELAMATKAN BUMI

Hai, aku Fafa hobiku jajan, yess jajan instrumen keuangan, jajan skincare, termasuk jajan makanan 😜 , mau tahu apa yang aku lakukan untuk selamatkan bumi? seremkan kalau sampai tahun 2030 kejadian kayak gitu ( ketok2 meja kayu, amit2), sebelum mulai ada pertanyaan nihh,  • Siapa yang hobinya makan kayak jajan, kuliner, mukbang dan sejenisnya lha? • Siapa yang kalau makan tapi tetep kurus?🤭 Akuuu...akuuuu 🙋‍♀( puji Tuhan semua karena AnugrahNya) "enak banget ya makan banyak tapi tetep kurus" begitulah pendapat orang pada umumnya kepada para penggemar makan mukbang yang berbadan kurus."  Disatu sisi aku bersyukur bisa bebas makan apa aja tanpa khawatir berat badan meningkat (tapi gak bisa sembarangan makan juga yaa, harus berhikmat karena tubuh kita adalah bait Allah, dijaga dengan baik. Sejujurnya  aku berharap berat badanku bertambah dengan tujuan mencapai berat badan idealku yaitu 50 kg (cara hitung bisa klik disini ), sayangnya berat tubuhku hanya 44kg dan agak unik

[#008] BELIEVING IN GOD, MY POWER

saat teduh pagi: 6/6/2023 percayalah! Tuhankan mengangkatku. meski harus lewati lembah kekelaman, Tuhan besertaku. walau tak mengerti semua yang terjadi, tanganMu pasti menopang hidupku,  aku percaya Tuhan benteng hidupku. ku tak pernah ditinggalkan sendiri, Tuhan bersamaku, janjiNya ya dan amin, kasih setiaNya tak pernah hilang, selalu ada. ajarku mengerti semua jalanMu yang Kau sediakan bagiku. Bawaku dalam rancanganMu yang indah. ku buka hati menerima janjiMu. lebih berharga dari semua, Tuhan segalanya bagiku.